Thursday, February 07, 2013

Tiny Encription Algorithm (TEA)


Tiny Encription Algorithm (TEA) merupakan suatu algoritma sandi yang diciptakan oleh David J. Wheeler dan Roger M. Needham dari Computer Laboratory, Cambridge University, England pada bulan November 1994. Algoritma ini merupakan algoritma penyandian block cipher yang dirancang untuk penggunaan memory yang seminimal mungkin dengan kecepatan proses yang maksimal.
Sistem penyandian TEA menggunakan proses feistel network dengan menambahkan fungsi matematik berupa penambahan dan pengurangan sebagai operator pembalik selain XOR. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan sifat non-linearitas. Pergeseran dua arah (ke kiri dan ke kanan) menyebabkan semua bit kunci dan data bercampur secara berulang ulang.
TEA memiliki 32 putaran proses sederhana yang shift, penambahan dan XORs, serta memiliki 128-bit panjang kunci dan 64-bit ukuran blok. Penjadwalan kunci cipher TEA sederhana pula. Ia menggunakan modulo 32-bit tambahan oleh delta (∂) konstan. Namun, konstan yang berasal dari jumlah sebagai berikut:
∂ = (5 -1)
Gambar 1.1 TEA Cipher
231 TEA cipher memproses blok data dengan blok. Setiap blok terdiri dari dua 32-bit blok setengah. Sebuah balok setengah diproses dan bertukar iteratif dan semua operasi yang dilakukan pada modulo 32-bit secara big endian.

  Algoritma Dan Cara Kerja
TEA memproses 64-bit input sekali waktu dan menghasilkan 64-bit output. TEA menyimpan 64-bit input kedalam L0 dan R0 masing masing 32-bit, sedangkan 128-bit kunci disimpan kedalam k[0], k[1], k[2], dan k[3] yang masing masing berisi 32-bit. Diharapkan teknik ini cukup dapat mencegah penggunaan teknik exshautive search secara efektif. Hasil outputnya akan disimpan dalam L16 dan R16.
Bilangan delta berasal dari golden number, digunakan delta=(√5 -1)231. Suatu bilangan delta ganda yang berbeda digunakan dalam setiap roundnya sehingga tidak ada bit dari perkalian yang tidak berubah secara teratur. Berbeda dengan struktur feistel yang semula hanya mengoperasikan satu sisi yaitu sisi sebelah kanan dengan sebuah fungsi F, pada algoritma TEA kedua sisi dioperasikan dengan sebuah fungsi yang sama.
Proses diawali dengan input-bit teks sebanyak 64-bit, kemudian 64-bit teks tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu sisi kiri (L0) sebanyak 32-bit dan sisi kanan (R0) sebanyak 32-bit. Setiap bagian teks akan dioperasikan sendiri-sendiri. R0 (Z) akan digeser kekiri sebanyak empat (4) kali dan ditambahkan dengan kunci k[0], sementara itu Z ditambah dengan sum (delta) yang merupakan konstanta. Hasil penambahan ini di-XOR-kan dengan penambahan sebelumnya. Langkah selanjutnya di-XOR-kan dengan hasil penambahan antara Z yang digeser kekanan sebanyak lima (5) kali dengan kunci k[1]. Hasil tersebut kemudian ditambahkan dengan L0 (Y) yang akan menjadi R1.
Sisi sebelah kiri akan mengalami proses yang sama dengan sisi sebelah kanan. L0 (Y) akan digeser kekiri sebanyak empat (4) kali lalu ditambahkan dengan kunci k[2], sementara itu, Y ditambah dengan sum (delta). Hasil penambahan ini di-XOR-kan dengan penambahan sebelumnya. Langkah selanjutnya di-XOR-kan dengan hasil penambahan antara Y yang digeser ke kanan sebanyak lima (5) kali dengan unci k[3]. Hasil tersebut kemudian ditambahkan dengan R0 (Z) yang akan menjadi L1.
Langkah-langkah penyandian dengan algoritma TEA dalam satu cycle (dua round) :
1.    Pergeseran (shift)
Blok teks terang pada kedua sisi yang masing masing sebanyak 32-bit akan digeser kekiri sebanyak empat (4) kali dan digeser ke kanan sebanyak lima (5) kali.
2. Penambahan
Langkah selanjutnya setelah digeser kekiri dan kekanan, maka Y dan Z yang telah digeser akan ditambahkan dengan kunci k[0]-k[3]. Sedangkan Y dan Z awal akan ditambahkan dengan sum (delta).
3. Peng-XOR-an
Proses selanjutnya setelah dioperasikan dengan penambahan pada masing-masing register maka akan dilakukan peng-XOR-an dengan rumus untuk satu round adalah sebagai berikut:
y = y + (((z<<4)+k[0])^z+sum^((z>>5)+k[1]))
z = z + (((y<<4)+k[2]^y+sum^((y>>5)+k[3]))
dalam hal ini sum=sum+delta.
Hasil penyandian dalam satu cycle satu blok teks terang 64-bit menjadi 64-bit teks sandi adalah dengan menggabungkan Y dan Z. Untuk penyandian pada cycle berikutnya Y dan Z ditukar posisinya, sehingga Y1 menjadi Z1 dan Z1 menjadi Y1 lalu dilanjutkan proses seperti langkah-langkah diatas sampai dengan 16 cycle (32 round).
4. Key Schedule
Algoritma TEA menggunakan key schedule-nya sangat sederhana. Yaitu kunci k[0] dan k[1] konstan digunakan untuk round ganjil sedangkan kunci k[2] dan k[3] konstan digunakan untuk round genap.
5. Dekripsi
Proses dekripsi sama halnya seperti pada proses penyandian yang berbasis feistel cipher lainnya. Yaitu pada prinsipnya adalah sama pada saat proses enkripsi. Hal yang berbeda adalah penggunaan teks sandi sebagai input dan kunci yang digunakan urutannya dibalik. Proses dekripsi semua round ganjil menggunakan k[1] terlebih dahulu kemudian k[0], demikian juga dengan semua round genap digunakan k[3] terlebih dahulu kemudian k[2].
Rumus enkripsi diketahui :
L0 = L0 + f ( R0 , k[0], k[1], sum )
R0 = R0 + f ( L0, k[2], k[3], sum )
Proses dekripsi digunakan rumus :
L0 = L0 + f ( R0 , k[1], k[0], sum )
R0 = R0 + f ( L0, k[3], k[2], sum )
   void code(long* v, long* k) {
       unsigned long y=v[0],z=v[1], sum=0,             /* set up */
              delta=0x9e3779b9,          /* a key schedule constant */
              n=32 ;
       while (n-->0)        { /* basic cycle start */
              sum += delta ;
              y += ((z<<4)+k[0]) ^ (z+sum) ^ ((z>>5)+k[1]) ;
              z += ((y<<4)+k[2]) ^ (y+sum) ^ ((y>>5)+k[3]) ;
       }                          /* end cycle */
       v[0]=y ; v[1]=z ; }

Aplikasi
Ada banyak macam pengaplikasian TEA, berikut beberapa contoh :
* TEA dapat diimplementasikan dalam PIC18F4550 dengan hasil yang memuaskan. Pada 4 MHz (1 mikrodetik per siklus) yang bekerja frekuensi, pelaksanaan menunjukkan 586 byte / s kecepatan.
* TEA dengan 16 cycles (32 round) sangat cocok digunakan untuk membangun system keamanan data yang mengandalkan kecepatan proses yang optimal. TEA dengan 32 cycles (64 round) tingkat keamanan lebih tinggi.
Pembangunan Add-on pada Mozilla Thunderbird untuk enkripsi email