Thursday, February 07, 2013

Perbedaan Organisasi Komputer dg Arsitektur Komputer


Dalam ilmu komputer sering menjelaskan perbedaan antara organisasi komputer dan arsitektur komputer. Meskipun sulit dibedakan definisinya namun masing-masing definisi memiliki konsensus tentang bidang-bidang umum yang tercakup dan di antara keduanya tidak bisa dipisahkan karena merupakan satu sinkronisasi.

Arsitektur komputer mengacu pada atribut system yang berdampak langsung pada logis pelaksanaan program. Contohnya atribut arsitektur meliputi set instruksi, jumlah bit, I/O mekanisme, dam main memori.

Organisasi komputer mengacu pada unit operasional dan interkoneksi yang merealisasikan spesifikasi arsitektural atau dengan kata lainnya, organisasi komputer adalah cara mengelola dan menjalankan fungsi arsitektur komputer. Contoh atribut organisasi komputer meliputi rincian hardware seperti sinyal kontrol, peripheral dan teknologi memori.

Secara historis dan sampai sekarang perbedaan antara arsitektur dan organisasi telah menjadi suatu yang penting. Banyak produsen komputer yang menawarkan keluarga model komputer dengan struktur arsitektur yang sama tetapi dengan perbedaan dalam organisasi.

Organisasi komputer ini ditemukan oleh Van Neuman


From : Computer Organization and Architecture Designing for Performance 8th Edition